GURU INSPIRATIF

 


Definisi kata guru menurut  KBBI adalah orang yang pekerjaannya mengajar.  Guru juga  adalah pendidik yang bertugas untuk membimbing dan memotivasi siswa menuju arah kedewasaannya. Sedangkan arti kata inspiratif menurut KBBI adalah yang menimbulkan inspirasi, mengilhami kearah yang lebih baik. Jadi Guru inspiratif adalah seorang guru yang mampu menginspirasi atau mengilhami murid atau orang lain untuk berbuat lebih baik lagi.

Membaca definisi di atas memunculkan pikiran bahwa betapa sulitnya menjadi guru inspiratif.  Saya langsung menyimpulkan bahwa saya bukanlah guru inspiratif itu. Iya, menjadi guru inspiratif tentunya tidak mudah. Karena guru tersebut pastilah sudah mempunyai prestasi besar yang mampu mengubah dunia. Dia pastilah sudah memberikan dirinya yang terbaik bagi orang sekitarnya.

Sebagai seorang guru pastilah ingin menjadi guru yang menginspirasi orang lain. Namun sepertinya guru inspiratif masih merupakan cita-cita bagi saya. Guru inspiratif itu masih jauh dari jangkauan. Jauh di atas awan. Saya masih harus banyak belajar untuk meraihnya.  Untuk itu saya menetapkan diri saya untuk menjadi guru yang paling tidak, mau  belajar terus menerus untuk menjadi lebih baik dari hari ke hari.

Saya ingin memulai langkah saya dari hal yang paling kecil. Misalnya, tidak datang terlambat ke sekolah. Memulai jam belajar dan pulang tepat waktu, memberikan hak siswa untuk belajar dan memahami pelajaran dengan baik.  Saya juga harus bisa menjadi teman baik mereka dalam belajar. Saya juga tidak boleh lupa untuk terus menjadi pembelajar sepanjang hayat agar ilmu yang saya sampaikan tidak ketinggalan jaman, sekaligus memberi pesan pada anak-anak bahwa belajar itu tidak hanya saat sekolah namun, sampai mereka menutup mata.

Langkah yang saya sebutkan di atas pastilah merupakan langkah kecil bagi guru lain, tapi untuk saya langkah-langkah itu sebenarnya adalah langkah besar. Sehari-hari, saya masih omong doang dan juga masih banyak kekurangan.  Hal itulah yang mau saya perangi dari diri saya sendiri perlahan-lahan . Semoga hal ini akan menjadikan saya terus tumbuh dan belajar menjadi dewasa dalam arti yang sebenarnya, bukan cuma karena umur saya yang terus bertambah dari hari ke hari.

Saya juga berharap, dengan cara seperti ini, saya akan membuat murid-murid saya bisa mengambil manfaat dari ilmu yang saya tularkan. Saya juga ingin mereka memahami tujuan belajar yang sesungguhnya dan juga meneladani sedikit kebaikan yang dipunyai gurunya ini . Sehingga mereka mampu menggerakkan semua potensi baik mereka agar mereka mampu mandiri dan mampu menyelesaikan masalah kehidupan mereka kelak.

Saya akan terus belajar dan berusaha menjadi lebih baik dari diri saya kemarin. Siapa tahu suatu saat saya bisa menginspirasi murid-murid saya, atau bahkan orang lain, who knows?.

 

#AISEI   #LombaBlogAISEI

#komunitaspendidikindonesia

www.aisei.id


BIODATA SINGKAT



Siti Halimah, Ia adalah seorang guru di SMPN 3 Pakuhaji di Kabupaten Tangerang. Ia senang belajar dan berteman. Saat ini sedang belajar menulis di AISEI Writing Club dan Kelas Belajar Menulis PGRI Gelombang 16.  Dua buku antologi berjudul: Jejak Digital Motivator Handal dan 21 Kisah Penggugah Jiwa sudah ia tulis bersama penulis-penulis lainnya. Tulisan recehnya bisa dibaca di sthalimah0815.blogspot.com  

Komentar

  1. Balasan
    1. Makasih Bu Min, hanya meramaikan aja Bu... malu ni, mau nulis apa bingung ... Yang jelas sih menang karena sudah mengalahkan diri sendiri utk ikut lomba Bu hihi

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGENAL REMPAH-REMPAH

PEMANDANGAN DARI ATAS JEMBATAN BP2IP

BELAJAR ICE BREAKING DARI KAK KUSUMO