BAGIAN TERBAIK DARI 2020


 

Sebentar lagi tahun 2020 akan berakhir. Tepatnya 27 hari lagi. Tahun ini terasa sedikit berat karena wabah Covid-19. Namun ada banyak hikmah yang terselip di dalamnya.

Karena pembelajaran di sekolah terpaksa dibuat online maka mau tak mau saya harus belajar banyak tentang hal ini dan juga hal-hal lain. Saya mempelajari bagaimana menggunakan Google Classroom, Edmodo, Quipper, dan lain-lain sebagai seorang guru. Dulunya hanya menggunakan GCR sebagai siswa karena ikut pelatihan.

Kemudian saya juga belajar membuat video pembelajaran. Video pembelajaran harus bias menarik dan seringkas mungkin karena kalau panjang anak-anak pasti malas menontonnya.

Setelah itu saya juga belajar membuat soal mellaui Google Formulir. Membiasakan diri mengajar menggunakan voice note. Dan yang lain-lain.

Selanjutnya saya merasa waktu saya banyak di rumah. Saya belajar banyak mempraktikan resep masakan yang ada di internet. Saya jadi rajin memasak dan membuat kue-kue.

Fase itu terlalui tetapi masih merasa waktu banyak di rumah. Jadilah ikut berbagai macam kelas online. Mengikuti webinar-webinar. Apa saja, akhirnya fokus ke kelas menulis.

Di kelas menulis inilah saya merasa mendapatkan banyak manfaat. Saya merasa menjadi diri saya yang baru. Saya punya kesibukan yang mungkin tidak pernah saya lakukan sebelumnya. Bangun malam-malam hanya untuk menulis. Mengamati banyak hal hingga menjadi detail untuk nanti dijadikan bahan tulisan. Rajin mengambil foto tentang sesuatu. Dan rajin membuat catatan di gawai agar ide tidak hilang.

Kemajuan lain adalah saya sudah mulai berani memposting tulisan saya di blog. Hal yang belum pernah saya lakukan sebelumnya. Saya juga berani bergabung untuk membuat buku antologi dengan Ibu Kanjeng. Suatu prestasi yang luar biasa buat diri saya. Saya tahu ini hal biasa buat orang lain tapi bagi saya ini luar biasa. Tahun yang menurut saya penuh berkah meskipun banyak keprihatinan. 

 

#150katabercerita #30hariAISEIbercerita

#AISEIWritingChallenge #warisanAISEI

#pendidikbercerita

#Dec4AISEIWritingChallenge

Komentar

  1. Selamat Bu. Ini prestasi luar biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak Ibu, berkat bimbingan Ibu dan teman-teman semua.

      Hapus
  2. Sukses bu Halimah..semoga thn 2021 lebih banyak tulisan di blog dan bukunya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin YRA. Doa yang sama untuk Bu Dany ya... makin sukses di tahun 2021 aamiin YRA

      Hapus
  3. Hebat mbak.., saya ko ndak punya kebranian untuk nulis buku Antologi.. 😦😞😳😩

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayu Ibu, teman-temannya baik-baik banget. Pasti bisa kok. Lumayan buat latihan.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGENAL REMPAH-REMPAH

PEMANDANGAN DARI ATAS JEMBATAN BP2IP

BELAJAR ICE BREAKING DARI KAK KUSUMO