STRATEGI PENGINTEGRASIAN KECAKAPAN ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN MASA PANDEMI

 


Kecakapan abad 21 merupakan sebuah kecakapan yang diidamkan akan dimiliki oleh anak-anak abad 21. Kecakapan tersebut meliputi  4C yaitu Communication, Collaboration, Critical Thinking and problem solving dan Creative and Innovative. Bahasa Indonesianya adalah kecakapan berkomunikasi, kecakapan berkolaborasi, kecakapan berpikir kritis dan pemecahan masalah, kecakapan penuh  kreativitas dan inovasi. Hal ini masih ditambah dengan kemampuan literasi dan karakter yang baik.

Meskipun kita masih dalam masa pandemi  tetapi kita, sebagai guru, tetap harus bisa menerapkan pembelajaran yang nantinya menghasilkan generasi yang memiliki kecakapan abad 21 yang sudah disebutkan di atas. Lalu bagaimana caranya? Caranya adalah kita harus bisa mengintegrasikan nilai-nilai karakter, literasi dan juga kecakapan 4C dalam RPP, bahan ajar, dalam penilaian dan juga melalui keteladanan dalam pembelajaran kita di dalam kelas.

A.    Pengintegrasian nilai-nilai karakter, literasi dan juga kecakapan 4C dalam RPP

Dalam RPP tentu kita memulainyadengan merumuskan tujuan pembelajaran. Agar nilai karakter, literasi dan juga kecakapan 4C bisa didapatkan peserta didik maka kita harus merumuskan:

1. tujuan pembelajaran dengan memperhatikan prinsip-prinsip berikut:

a.     Mengacu pada indicator pencapaian kompetensi

b.    Mempertimbangakan kondisi pembelajran yang dapat dilakukan pada masa pandemic

c.     Urutan tujuan pembelajaran mengacu pada sintaks/urutan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan

d.    Unsur-unsur tujuan pembelajaran yang lengkap terdiri atas A (Audience), B( Behaviuor), C(Condition), dan D (Degree)

e.     Rumusan tujuan pembelajaran harus jelas, spesifik, operasional dan terukur 


 

2.      Perumusan kegiatan pembelajaran dalam RPP harus memperhatikan prinsip-prinsip berikut:

a.     Aktivitas pembelajaran relevan dengan tujauan pembelajaran

b.    Masing-masing aktivitas pembelajrana berpusat pada siswa

c.     Masing-masing aktivitas pembelajaran jelas apa yang harus dilakukan oleh siswa dan apa pendukung untuk bisa melakukan aktivitas tersebut

d.    Aktivitas-aktivitas pembelajaran urut sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

e.     Setiap aktivitas pembelajaran memberikan pengalaman belajar yang bermakna

f.     Mengintegrasikan karakter, literasi dan kecakapan abad 21


 

3.      Perumusan perencanaan penilaian

a.     Penilaian yang dilakukan mengacu pada tujaun pemebelajaran yang terdiri dari kompetensi pengetahuan dan kompetensi ketrampilan

b.  Berdasarkan masing-masing tujauan pembelajaran diidentifikasi kompetensi apa yang menjadi target ditagihkan kepada siswa

c.     Berdasarkan masing-masing tagihan kompetensi ditetapkan bentuk atau teknik penilaian

d.    Berdasarkan teknik penilaian kemudian ditentukan instrument penilaian

e. Berdasar instrument penilaian yang telah disusun ditentukan bagaimana proses pelaksanaannya dan bagaimana memanfaatkan penilaian tersebut.    

       


B.    Pengintergrasian nilai-nilai karakter , literasi dan kecakapan 4C dalam bahan ajar

Pengintegrasian dalam bahan ajar dapat dilakukan pada bagian-bagian pembentukan bahan ajar

1.    Judul Bab dan Sub Bab

2.    Rumusan tujuan pembelajaran

3.  Kegiatan-kegiatan belajar melalui unsur-unsur pembentuk kegiatan belajar: input, tujuan, aktivitas, peran siswa, peran guru, cara penyelesaian KB

4.    Ringkasan

5.    Refleksi

6.    Penilaian

7.    Lain-lain (kata mutiara, anekdot, yang ditempatkan dibagian-bagian yang kosong)


 

C.     Pengintergrasian nilai-nilai karakter, literasi dan kecakapan 4C dalam penilaian

Jenis-jenis penilaian:

1.    Penilaian formatif: untuk mengetahui perkembangan penguasaan kompetensi siswa dan memperoleh umpan balaik guna proses pembelajaran

2.    Penilaian sumatif: untuk mengetahui pencapaian pembelajaran siswa untuk menentukan apakah peserta didik dapat melanjutkan ke kompetensi berikutnya, nilai pada rapor, naik kelas atau tidak naik kelas atau tidak lulus

a.       Penilaian harian

b.      Penilaian tengah semester

c.       Penilaian akhir semester

d.      Penilaia akhir tahun

e.       Ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan pada akhir jenjang


 

D. Pengintegrasian nilai-nilai karakter, literasi dan kecakapan 4C melalui pembiasaan perilaku dan keteladanan dalam pembelajaran.

Pembiasaan perilaku dapat dilakukan melalui:

1.    Peraturan tata tertib (tata karma)

2.    Penegaan tata tertib (tata karma)

3.    Perilaku berbicara

4.    Perilaku berbusana

5.    Perilaku saling bantu, saling menghargai, jujur, dan sebagainya

6.    Perilaku religius

7.    dan sebagainya

 

#100katabercerita #30hariAISEIbercerita

#AISEIWritingChallenge #warisanAISEI

#pendidikbercerita

#Day25NovAISEIWritingChallenge

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGENAL REMPAH-REMPAH

PEMANDANGAN DARI ATAS JEMBATAN BP2IP

BELAJAR ICE BREAKING DARI KAK KUSUMO