INFUSED WATER

Pasti pembaca tahukan apa itu infused water? Iya betul sekali. Infused water adalah air mineral yang diberi potongan-potongan buah kemudian disimpan di kulkas selama waktu tertentu dan baru kemudian diminum. Infused water diklaim bisa membersihkan racun dalam tubuh, membuat kurus dan juga menghambat penuaan.

Tapi aku pernah punya masalah gara-gara infused water ini. Ada yang bilang bahwa minum infused water setiap pagi sebelum mengkonsumsi apapun, bagus buat badan dan juga buat pencernaan. Jadilah aku tiap pagi mengkonsumsi infused water dari irisan lemon atau jeruk nipis dengan perut kosong.

Ada 3 bulan lebih aku menjalani pola minum infused water seperti itu. Alhasil pencernaanku bermasalah. Aku mengalami diare selama hampir 2 bulan. Aku mengalami diare kronis, selama 3 hari pertama aku istirahat tidak bisa  kemana-mana. Aku lemes dan lelah harus bolak-balik ke toilet. Setelah 3 hari frekwensi buang air sudah normal hanya 3 atau 4 kali sehari, tapi fecesnya tetap saja air.

Dokter mengatakan pencernaanku bermasalah dan akan memakan waktu yang lama untuk menyembuhkannya. Dugaan dokter infused waterku terlalu asam selama ini. Kebanyakan lemon atau jeruk nipisnya. Jadi pencernaanku tidak kuat. Baiklah….

Aku harus minum banyak larutan gula garam, juga air putih. Aku juga diberi obat mual dan obat yang harus ku minum berpasangan. Satu sebelum makan dan satu lagi sesudah makan. Kalau tidak salah probiotik dan prebiotik. Pantangannya banyak banget, tidak boleh makan yang keras-keras, santan, pedas, asin, asam, roti, kopi, soda, tape, kol, caisim, dan buah-buahan sama sekali tidak boleh kecuali pisang. Nasipun harus diganti bubur.

Alhamdulillah setelah berpantang dan rajin minum obat pencernaanku normal kembali. Sekarang aku harus ekstra hati-hati kalau makan yang pedas, asam dan yang rasanya tajam soalnya pencernaanku akan kembali kambuh. Aku kapok mengkonsumsi sesuatu secara berlebihan seperti itu.

#100katabercerita #30hariAISEIbercerita

#AISEIWritingChallenge #warisanAISEI

#pendidikbercerita

#Day18AISEIWritingChallenge

Komentar

  1. Mksih ylh berbgi pngalaman.. .
    Smg sll sehat.kt ikuti saran dokter.

    BalasHapus
  2. Pengalaman berharga, semoga tidak terulang

    BalasHapus
    Balasan
    1. AAmiin YRA. Terima kasih Ibu, sehat-sehat selalu untuk Ibu aamiin.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGENAL REMPAH-REMPAH

PEMANDANGAN DARI ATAS JEMBATAN BP2IP

BELAJAR ICE BREAKING DARI KAK KUSUMO