DONOR DARAH

 


Pengalaman pertama kali donor darah itu rasanya bahagia sekali. Rasa yang tak bisa diungkap dengan kata-kata. Intinya senang sekali, ada bagian dari tubuh kita yang bermanfaat bagi orang lain.

Dan ternyata, perasaan tersebut nagih. Sejak saat itu setiap tiga bulan sekali saya berusaha untuk donor darah. Kemudian, saya jadi berusaha hidup sehat, makan yang sehat, berolahraga,  dan tidur cukup. Saya berharap darah saya berkualitas baik dan saya akan bisa menyumbangkan darah saya untuk orang lain yang membutuhkan. Saya juga jadi berpikir bahwa saya hidup tidak hanya untuk diri saya sendiri jadi harus berusaha sehat.

Tapi, kalau sudah pede jalan ke PMI, isi-isi Sidoni (Sistem Informasi Donor Darah Indonesia) tapi kemudian ditolak itu rasanya kecewaaa… Biasanya ditolak karena HB rendah. Kata yang memeriksa darah, saya harus banyak makan sayuran hijau dan juga daging berwarna merah. Padahal perasaan sebelum donor darah 3 harisebelumnya, saya sudah menyiapkan tubuh saya biar tidak ditolak. Tapi tetap aja pernah mengalami penolakan.

Biasanya setelah itu saya akan berusaha hidup sehat. Banyak makan sayuran, minum air putih, tidur cukup dan 3 hari kenudian kembali lagi. Insha allah tidak ditolak lagi.

Pokoknya senang saja rasanya, kalau bisa donor darah. Pasti pembaca yang pernah mendonorkan darahnya akan punya perasaan bahagia yang sama seperti saya. Kalau memang belum, silakan simak syarat-syarat pendonor darah dibawah ini biar ketularan bahagianya bisa donor darah.

Syarat-syarat pendonor adalah:

1.      Usia 17-60 tahun (usia 17 tahun harus mendapat ijin dari orang tua)

2.      Berat badan minimal 45 kg

3.      Temperatur tubuh 36,6 -37,5 derajat Celcius

4.      Tekanan darah , sistole=110-160, diastole 70-100 mmHg

5.      Denyut nadi teratur  yaitu sekitar 50-100 kali/menit

6.      Hemoglobin perempuan minimal 12 gram sedangkan untuk laki-laki minimal 12,5 gr

7.      Jumlah penyumbangan pertahun paling banyak 5 kali dengan jarak sekurang-kurangnya 3 bulan

8.      Calon donor dapat mengambil dan menadatangani formulir pendaftaran, lalu menjalani pemeriksaan pendahuluan, seperti kondisi berat badan, HB, golongan darah dilanjutkan dengan pemeriksaan dokter.

Nah, pembaca juga perlu tahu. Selain merasa bahagia bisa donor darah. Kita juga akan merasakan manfaat dari donor darah, antara lain.

1.      Mengurangi kadar zat besi dalam darah. Dan ini bagus karena kelebihan zat besi dalam darah bisa membahayakan

2.      Membakar kalori. Donor darah bisa membakar kalori sekitar 650 kkal tiap sekali donor darah

Lumayan kan ya manfaatnya. Ayo kita donor darah!

#100katabercerita #30hariAISEIbercerita

#AISEIWritingChallenge #warisanAISEI

#pendidikbercerita

#Day28AISEIWritingChallenge

 

Komentar

  1. Tiap kali sy ingin donor darah tdk pernah lolos sm petugas medis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa Bu? HB rendah ya? Gpp Ibu, yang penting sehat ya aamiin

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGENAL REMPAH-REMPAH

PEMANDANGAN DARI ATAS JEMBATAN BP2IP

BELAJAR ICE BREAKING DARI KAK KUSUMO