SIAPA SURUH DATANG KE TANGERANG?

 

                                                                               Sumber foto: abouttng.com

Aku asli orang Sukoharjo, Jawa Tengah. Sekarang aku tinggal di Tangerang.  Ada salah seorang temanku pernah menanyakan padaku “Kok mau-maunya kamu tinggal di Tangerang?” .

Aku bukan tak mau menjawab, tapi aku tak mau berdebat dengannya saat itu. Aku tahu dia ingin bilang kalau hanya pengen jadi guru PNS kenapa harus jauh-jauh. Dia ingin memberitahukanku  bahwa hidup di kampung itu lebih enak dan baik dari pada tinggal di kota yang padat, sesak transportnya, cuek orang-orangnya, dll.

Waktu itu aku hanya tertawa menanggapinya. Tapi dalam hati aku menjawab pertanyaannya. Tahukah kau bahwa tinggal di Tangerang itu telah memperluas wawasanku tentang sebuah tempat? Bahwa buku itu tidak cuma satu halaman, masih banyak halaman lain. Sama seperti dunia, dunia itu luas tidak hanya kampung kita. Masih banyak lagi tempat yang bisa kita singgahi, bahkan tempat untuk kita tinggali. Itu membuatku lebih percaya diri.

Tahukah kau bahwa tinggal di Tangerang itu mempertemukanku dengan berbagai macam orang? Dari berbagai macam perbedaan latar belakang, suku, dan agama itulah yang membuatku makin menghargai perbedaan.

Tinggal di Tangerang juga membuatku bisa mencicipi berbagai macam masakan dari seluruh Indonesia. Aku juga bisa mengenal budaya daerah lain bahkan negara lain.

Karena hidup di tempat baru, aku jadi tidak picik. Aku tidak mudah menuduh orang lain seperti ini dan seperti itu karena orang pasti punya alasannya sendiri tentang sesuatu. Seperti alasanku memilih Tangerang untuk hidup.  

Aku jadi lebih taft, karena tinggal di sini. Aku mungkin berjuang lebih banyak darimu untuk survive karena jauh dari keluarga. Itu membuatku sangat menghargai pencapaianku karena aku memperolehnya benar-benar dari perjuanganku sendiri. Jadi, aku tak pernah menyesal memutuskan untuk tinggal di kota ini. Dengan segala persoalannya. Aku merasa hidupku lebih berwarna dan bisa lebih  jauh memandang dunia.


#100katabercerita #30hariAISEIbercerita

#AISEIWritingChallenge #warisanAISEI

#pendidikbercerita

#Day27AISEIWritingChallenge

Komentar

  1. Tangerangnya mana Bu
    Sakam kenal dari orang Tangerang... hehehe
    Saya di Ciledug Bu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya di Curug Pak, dekat dengan STPI, salam kenal juga ya Pak Indra... Ciledug mah kota Pak, saya di pinggiran hihi

      Hapus
  2. Ternyta tetanggaku bu. Saya jg tinggal di sukoharjo.
    Keren foto dan cerita e.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya Pak? Bapak di mana Sukoharjonya? Saya di Gatak Pak, deket Trangsan, sentra rotan. Terima kasih Pak...

      Hapus
  3. Balasan
    1. Terima kasih banyak Bu, berkat Ibu dan teman-teman ini, saya jadi banyak belajar.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGENAL REMPAH-REMPAH

PEMANDANGAN DARI ATAS JEMBATAN BP2IP

BELAJAR ICE BREAKING DARI KAK KUSUMO