PRAKTIK BAIK

 


BELAJAR PROCEDURE TEXT DALAM PJJ

Apa yang terjadi?

PJJ masih harus dilakukan karena pandemi. 

 

Tantangan:

1.      Sebagian siswa tidak mempunyai fasilitas

2.      Yang punya fasilitas belum tentu memahami pemakaian gawai untuk belajar

3.      Jumlah siswa banyak

4.      Procedure text lebih berhasil dengan cara dipraktikan langsung oleh siswa

 

Aksi:

1.      Mendata siswa yang mempunyai gadget dan yang tidak 

2.    Mengelompokkan mereka menjadi kelompok kecil maksimal 4 orang yang rumahnya berdekatan dan ada salah satu yang memiliki gawai yang bisa dipakai bersama

3.      Menyusun jadwal

4.     Memberikan tutorial cara menggunakan gawai untuk pembelajaran. Kebetulan dipilih google classroom

 

Proses Pembelajaran:

1.      Mengenalkan apa itu procedure text dengan mengirimkan PPT berisi catatan apa itu procedure text

2.      Mengirimkan link video untuk ditonton bersama tentang “How to Make Dalgona Coffee

3.      Mengirimkan voice note untuk menjelaskan tentang vocabularies yang biasa dipakai dalam procedure text seperti make, put, add, mix, cut, peel, pour, serve, dll

4.      Meminta siswa dan kelompoknya untuk mencari vocabularies di How to Make Dalgona Coffee

5.      Mendiagnosis mana yang merupakan aim/goal, materials, steps

6.    Menugaskan mereka berkelompok membuat video tentang bagaimana cara membuat sesuatu (Procedure Text) yang sederhana: How to make a cup of tea, how to make fried rice, how to make a cup of coffee, etc

7.      Menyuruh mereka menggunggah video ke classroom

8.      Tidak disangka hasilnya lumayan, mereka malah ada yang keren sekali memakai kine master mengedit video. 

 

Kunci:

1.      Sabar dalam memberi pengertian dan penjelasan untuk anak- anak yang banyak bertanya karena belum bisa menggunakan aplikasi

2.  Sabar karena memakan waktu lebih dari empat kali jam belajar untuk bisa menghasilkan video procedure text

3.      Belajar sesuai konteks kehidupan sehari-hari: membuat kopi, membuat teh, membuat nasi goreng, dll

 

Melakukan refleksi:

1.      Mereka senang belajar materi Procedure Text dengan langsung praktik

2.      Mereka senang bisa bertemu sebagian kecil teman-teman mereka

3.      Mereka sedih tidak bisa ke sekolah, mereka kangen sekolah

Aspek PJJ

Sasaran Perbaikan

Rencana Perbaikan

Asesmen

Asesmen diagnosis awal

Membuat asesmen untuk siswa dan juga orangtua yang lebih baik

Asesmen

Asesmen Diagnosis berkala

Menggunakan Asesmen untuk mengelompokkan siswa agar mendapatkan hasil belajar maksimal

 

#100katabercerita #30hariAISEIbercerita

#AISEIWritingChallenge #warisanAISEI

#pendidikbercerita

#Day15NovAISEIWritingChallenge

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGENAL REMPAH-REMPAH

PEMANDANGAN DARI ATAS JEMBATAN BP2IP

BELAJAR ICE BREAKING DARI KAK KUSUMO